Karangkobar B-Infinite: Klathak Singkong Khas Karangkobar
Masuk ke kb-infinite blog™

Klathak Singkong Khas Karangkobar

Selasa, 06 November 2012

Siapa sangka makanan dari singkong yang terlihat remeh, ora mitayani, biasa nan sederhana ini akhirnya menjadi "go global" bahkan menjadi "Trending Topic" oleh para pemujanya dan dipasarkan online keseluruh penjuru dunia.Ya..itu adalah KLATHAK SINGKONG yang di daerah asalnya hanya disebut "Klathak" saja.

Yang membuat makanan biasa ini menjadi spesial adalah proses pembuatannya yang ternyata terlihat cukup rumit yang tidak sembarang orang tlaten dan sabar membuatnya.

Bahan baku utamanya adalah singkong pilihan dan tidak sembarang singkong bisa dibuat, dan untuk itu harus ada seorang ahli singkong yang isting-nya tajam untuk menjadi Quality Inspector-nya.

Ini tidak ada bedanya seperti pabrik rokok. Hingga didapatkan rokok yang dari dulu sampai sekarang rasanya ajeg, ternyata dibutuhkan ahli daun tembakau yang penciumannya sangat tajam untuk mensortir pembelian tembakau dari para pemasok.

Setelah didapatkan singkong kwalitas nomor wahid, proses berikutnya adalah "Memarut Singkong" menjadi tepung yang prosesnya juga dilakukan secara manual oleh orang dengan skill khusus.Proses pemilihan bumbu tradisional, peracikan bumbu hingga siap jadi adonan yang siap di goreng semua dilakukan secara manual. Bahkan termasuk untuk menggorengnya, ternyata harus menggunakan tungku tradisional yang biasa kita sebut Pawon, yang berbahan bakar kayu, dan kayunyapun ternyata harus kayu yang spesial pula, mungkin inilah sebabnya yang membuat makanan ini menjadi so spesial.Sebelumnya makanan sehat ini hanya menjadi konsumsi penduduk sekitar selama berpuluh-puluh tahun, kadang dibawa keluar kota, itupun oleh putera-puteri daerah setempat yang merantau keseluruh penjuru, dan dimanapun tempatnya, ternyata makanan ini dapat di terima leh lidah siapapun dari sabang sampai merauke, bahkan temen saya orang Jepangpun menyukai makanan ini

"Alamiah, unik, menarik, sehat jarang di era bumbu masak sintetis, pewarna dan pengawet sintetis seperti saat ini bisa ada makanan yang masih original seperti ini, dan seperti makan kacang atau kelengkeng, sekali bungkus dibuka mulut saya tidak bisa berhenti sampai Klathak sebungkus habis..! "kata mereka.

Dimana mencari Klathak yang original dengan proses seperti itu..?
Ternyata saat ini tidak mudah, karena secara visual panganan seperti ini sekarang ditiru oleh banyak orang dari berbagai kota di sekitar Karangkobar.

Namun beruntunglah, karena ke-original-an Klathak ini berhasil di kunci oleh putera-putera daerah yang menginginkan panganan tradisional ini tidak punah. Produk yang saat ini masih orisinil dan sejak jaman baheula tidak berubah adalah "KLATHAK MBAH SOHIR" yang logonya digambarkan seperti gambar diatas, dan dipasarkan online melalui WWW.KARANGKOBAR.COM

Diluar yang dipasarkan oleh WWW.KARANGKOBAR.COM kami tidak bisa menjamin keasliannya, mengingat saat ini hingga di daerah Yogyakarta-pun terdengar ada yang membuat produk serupa dan dipasarkan di Karangkobar, tempat asal Klathak yang sebenernya.
Share this article :

1 komentar:

  1. Pokoke paling enak klathak e mbok sohir :D
    Disertai dengan harga pak Admin :D

    BalasHapus

 
Copyright © 2012. Karangkobar B-Infinite - All Rights Reserved
Template Created by kb-infinite Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger